Jejak Islam Era Awal Dipajang dalam Pameran Arsitektur Masjid Nabawi  

  • admin
  • May 08, 2022
Infografis Empat Tempat Favorit di Madinah Selain Masjid Nabawi

Pameran Arsitektur Masjid Nabawi menampilkan sejarah dan jejak Islam di Arab Saudi

MOZAIK.MY.ID, MADINAH –  Masjid Nabawi, yang berusia selama lebih dari 1.400 tahun, menjadi saksi keindahan dan keakuratan arsitektur Islam dengan desain teknik dan dekorasi perkotaan yang indah.


Melansir laman saudigazette.com.sa ini adalah  warisan bersejarah dan harta berharga yang terkandung dalam Masjid Nabawi, di tengah pelayanan besar yang diberikan oleh kepemimpinan Kerajaan Arab Saudi. 


Oleh karena itu, Badan Urusan Masjid Nabawi bekerja untuk mengurus pameran arsitektur Masjid Nabawi dari blok bangunan pertama hingga dibuka oleh Pangeran Faisal Bin Salman, gubernur wilayah Madinah.


Pameran ini pasti akan memperkaya pengalaman pengunjung dan berkontribusi untuk menonjolkan kepedulian, perhatian, dan presentasi yang dinikmati pameran dengan layanan terbaik bagi pengunjungnya.


Pameran yang berlokasi di sebelah selatan Masjid Nabawi di atas lahan seluas 2.200 meter persegi ini mengulas sejarah arsitektur Masjid Nabawi sejak pertama kali dibangun Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. 


Pameran ini mencatat ekspansi pertama yang terjadi pada tahun ke-7 Hijriyah, dan ekspansi sejarah berikutnya di era khalifah dan kemudian negara-negara berturut-turut setelah mereka sampai ekspansi bersejarah Arab Saudi pertama, kedua, dan ketiga.


Pameran ini sebagian besar berfokus pada ekspansi Arab Saudi dari era almarhum Raja Abdulaziz dan putra-putranya setelahnya, mendiang Saud, Faisal, Khalid, Fahd, dan Abdullah hingga era yang makmur dan menguntungkan dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Masjid Nabawi menyaksikan saat ini dengan sangat hati-hati dengan layanan terpadu yang diberikan kepada pengunjung dan jamaah.


Pameran ini mencakup sejumlah teknologi modern dan layar interaktif dengan pengunjung, yang berbicara tentang arsitektur dan informasi yang berkaitan dengan Masjid Nabawi, selain film TV dan gedung bioskop.


Pameran ini juga menampilkan aula khusus untuk barang-barang berharga, yang mencakup sejumlah harta paling langka dan paling berharga dari Dua Masjid Suci dan artefak kuno yang diawetkan selama berabad-abad.


Pameran ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman pengunjungnya dengan berbicara tentang fitur Masjid Nabawi, seperti mimbar, mihrab, kubah dan kanopi, pintu, Adzan, muazin, menara, suar, alun-alun dan sejumlah layanan lain yang ditawarkan. kepada pengunjung Masjid Nabawi.


Selain ketertarikan pada arsitektur Masjid Nabawi, pameran tidak mengabaikan aspek pemuliaan Dua Masjid Suci.


Pameran ini mengarahkan pengunjungnya pada pentingnya memuliakan Dua Masjid Suci, menjaga kesucian mereka, memuliakan posisi mereka dan menginvestasikan kehadiran mereka di tempat-tempat suci, dengan banyak membaca dzikir, doa dan membaca Alquran, sementara para pengunjung pameran akan menonton sebelum meninggalkan (film) menghormati Dua Masjid Suci di gedung bioskop.


Pameran ini juga menyajikan kontennya dalam beberapa bahasa melalui panel dinding dan layar interaktif, dan ingin melayani semua pengunjung dalam berbagai bahasa.


Perlu disebutkan bahwa semua acara pameran dibawakan dalam bahasa Arab dan Inggris, sementara isinya telah diterjemahkan ke dalam 12 bahasa, dengan terjemahan audio melalui teknologi terbaru yang memungkinkan pengunjung untuk mendengarkan semua konten melalui perangkat yang ditunjuk untuk ini.


 


Sumber: saudigazette   

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.