Muslim di Seluruh Dunia Rayakan Idul Fitri

  • admin
  • May 03, 2022
Muslim Grozny menjalankan Shalat Idul Fitri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19 di Grozny, Rusia. Beberapa masjid di Rusia ditutup operasinya terkait pencegahan wabah Covid-19.

Momen Lebaran membawa kebahagiaan, khususnya bagi anak-anak.

MOZAIK.MY.ID, JAKARTA — Umat Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Fitri, hari libur yang menandakan berakhirnya bulan suci Ramadhan pada Senin (2/5/2022). Idul Fitri merupakan perayaan tiga hari yang ditandai dengan momen berkumpul dan berdoa bersama keluarga.

Muslim di seluruh dunia merayakan momen penting ini dengan cara berbeda. Misal, di Turki, masjid-masjid sudah dipenuhi warga sejak pagi hari. Setelah itu, mereka pergi menjamu teman dan keluarga di rumah mereka.

Momen Lebaran membawa kebahagiaan, khususnya bagi anak-anak karena akan menerima permen dan hadiah sebagai bagian dari tradisi. Selain sholat Idul Fitri, keluarga juga mengunjungi makam sanak saudara. Bahkan, di sejumlah negara, banyak Muslim yang memilih untuk melakukan perjalanan ke kampung halamannya untuk berlibur.

Di Republik Turki Siprus Utara (TRNC), warga memenuhi masjid untuk sholat Idul Fitri. Sholat Idul Fitri diadakan di Masjid Hala Sultan di ibu kota Lefkosa dan semua masjid di seluruh negeri.

Sementara di masjid-masjid di Moskow, Rusia dipenuhi dengan ribuan Muslim yang melaksanakan sholat Idul Fitri sampai ke jalanan. Beberapa stasiun kereta bawah tanah dan jalan-jalan di sekitar masjid ditutup sementara karena keramaian.

Sholat Idul Fitri juga diadakan di Baku, Azerbaijan dan kota-kota lain. Orang-orang yang tidak dapat menemukan tempat di masjid-masjid melakukan sholat di halaman dan taman.

Di Stockholm, Swedia umat Muslim melaksanakan sholat di Masjid Fittja. Di wilayah Berdeng, mereka melakukan sholat di lapangan sepak bola karena banyaknya orang.

Bergeser ke Jerman, jamaah sudah memenuhi Masjid Pusat Cologne dan halamannya. Banyak Muslim yang melakukan sholat Idul Fitri di trotoar.

Hampir 200 ribu orang melakukan sholat di Masjid al-Aqsha di bawah pendudukan Israel. Jalan-jalan menuju kawasan Kota Tua Yerusalem Timur, dipenuhi oleh anak muda, orang tua, wanita, pria, dan anak-anak yang ingin pergi ke Masjid Al-Aqsha.

Dilansir Anadolu Agency, Selasa (3/5/2022), Muslim yang tinggal di Uganda, juga merayakan Lebaran setelah dua tahun tidak ada perayaan karena Covid-19. Jamaah melaksanakan sholat Idul Fitri di sejumlah masjid di Kampala. 

 

Sumber:

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.